Cara Tumbuh Dengan Menyandang Disabilitas

Memiliki keterbatasan, apakah itu baru atau kronis, dapat tampak sangat sulit. Masyarakat dibentuk untuk melayani orang-orang yang tidak memiliki disabilitas, meskipun 20% orang di seluruh dunia adalah penyandang disabilitas. Terlepas dari lokasi atau gaya hidup Anda, Anda dapat membuat perubahan yang membuat hidup dengan disabilitas lebih mudah dan hidup Anda lebih bahagia penyandang disabilitas. Dengan menyesuaikan secara emosional dan fisik, Anda akan dapat menerima bahwa disabilitas Anda tidak menentukan Anda atau membatasi kemampuan Anda untuk merasa nyaman atau bahagia.

Pelajari tentang keterbatasan Anda. Pengetahuan adalah kekuatan, jadi belajar tentang keterbatasan yang Anda miliki dapat memberi Anda kekuatan untuk hidup dengannya. Khususnya jika keterbatasan itu baru bagi Anda, Anda harus bertanya pada dokter Anda tentang apa yang diharapkan. Anda dapat menanyakan beberapa hal ini:

Apakah keterbatasan yang Anda miliki ini sementara atau permanen?

Adakah komplikasi umum atau penyakit sekunder yang sering menyertai disabilitas?

Apakah ada sumber daya fisik atau emosional atau kelompok pendukung yang tersedia di daerah Anda?

Apakah perawatan berkelanjutan atau terapi fisik diperlukan untuk mengelola disabilitas Anda?

Perubahan apa yang mungkin perlu Anda lakukan pada gayapekerjaan and hidup, atau aktivitas Anda sebelumnya untuk menyesuaikannya dengan disabilitas baru atau yang sedang berkembang?

Jika keterbatasan Anda mengalami pertumbuhan, seberapa cepat perkembangan tersebut terjadi? Apakah ada cara untuk memperlambat perkembangan?

Terima situasimu. Mungkin aspek terberat dari penyesuaian emosional menjadi seorang penyandang disabilitas adalah untuk menerima diagnosis Anda. Meskipun selalu baik untuk berharap dan mencoba untuk pulih, jika Anda melakukannya sambil melihat keadaan Anda saat ini dengan jijik, Anda mungkin berakhir tertekan dan tidak berhasil. Anda harus menerima situasi Anda saat ini dan juga masa depan Anda. Dengan melakukan itu, Anda akan dapat memusatkan upaya Anda pada peningkatan standar hidup Anda, daripada meratapi nasib Anda. Jangan mengacaukan penerimaan situasi Anda dengan kemalasan. Menerima dengan lapang dada berarti Anda sepenuhnya memahami bahwa situasi Anda memang seperti itu dan percaya bahwa Anda masih memiliki kemampuan untuk menjadikan kekurangan Anda menjadi kelebihan. Menyangkal atau mengabaikan keparahan disabilitas yang Anda miliki dapat membuat pengaturan emosi dan fisik Anda menjadi lebih sulit.

Fokus pada masa kini dan masa depan Anda, bukan masa lalu Anda. Jika Anda baru memiliki keterbatasan akibat kecelakaan atau penyakit yang sedang berkembang, mungkin sangat sulit untuk tidak membandingkan keadaan Anda saat ini dengan keadaan di masa lalu. Melepaskan masa lalu Anda berjalan seiring dengan menerima situasi Anda. Anda tidak perlu melupakan cara Anda hidup sebelumnya, tetapi Anda tidak harus melihat masa lalu Anda dengan putus asa karena situasi Anda saat ini. Nikmati kenangan dari masa lalu (sebelum Anda menderita disabilitas) tetapi jangan biarkan masa lalu menahan Anda. Selalu bergerak maju dan bertujuan untuk memperbaiki situasi Anda saat ini. Anda masih dapat menghabiskan waktu untuk mengenang, tetapi jangan biarkan hal itu membuat Anda tertekan. Jika Anda mendapati bahwa Anda menghabiskan seluruh waktu memikirkan kehidupan Anda sebelumnya, Anda harus berusaha melakukan kegiatan lain yang memaksa Anda merencanakan masa depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *